PT ANTAM Tbk.
Antam
adalah perusahaan pertambangan dan pengolahan mineral yang
terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal. Kekuatan utama PT
Antam Tbk. adalah biaya operasi kami yang rendah, cadangan dan sumber
daya nikel dan bauksit yang luas dan berkualitas tinggi, struktur
finansial yang solid, pengalaman selama hampir empat puluh tahun, lokasi
kami di Indonesia yang kaya akan sumber daya mineral, wilayah ekplorasi
yang luas dan karyawan yang loyal dan berdedikasi. Komoditas usaha
pertambangan kami adalah nikel, emas dan bauksit.
Program CSR PT.Antam Tbk
Program Kemitraan
Program Kemitraan (PK) Antam dilakukan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan modal usaha dan investasi. Bantuan ini merupakan dana bergulir (revolving fund) yang diambil dari penyisihan maksimal 2% laba bersih tahun sebelumnya. Dalam skala prioritas, pelaksanaan bantuan pinjaman dana diperuntukkan bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah, termasuk koperasi yang berda dalam wilayah oprasi Antam. Peruntukkan ini tidak hanya kepada perorangan, tetapi juga kepada kelompok usaha yang memiliki jenis usaha yang sama.Selain memberikan bantuan pinjaman modal, Antam juga melakukan pembinaan bagi semua mitra binaan yang disebut dengan capacity building. Melalui pembinaan ini Antam berusaha meningkatkan kualitas mitra binaan sehingga mereka diharapkan tidak hanya bersandar pada bantuan perusahaan terus-menerus, namun mampu berkreativitas menuju kemandirian usaha.
1. Danaprogram kemitraan
Sebagai BUMN pembina, Antam dapat menyalurkan dana pinjaman kepada mitra binaannya secara langsung atau melalui kerjasama dengan BUMN Penyalur dan/atau Lembaga penyalur linnya. Bentuk kerjasama penyalur dana ini dilakukan berdasarkan kontrak yang disetujui oleh kedua belah pihak, serta sesuai degan peraturan yang berlaku.
2. Kinerja Program kemitraan
Kinerja Program Kemitraan dinilai dari erektifitas dana yang disalurkan, yakni kemafaata dana tersebut bagi penerima dana, serta tingkat kolektibilitas berupa tingkat pengembalian. Tingkat pengembalian ini adalah pengembalian angsuran yang di dalamnya termasuk jasa administrasi.
TEORI
CSR (Corporate Social
Responsibility) adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai
rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana
perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa
untuk anak tidak mampu, dankegiata- kegiatan lain yang meliputi kegiatan sosial
yang bersifat
positif
dan berguna
untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan
tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1)
Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan
kelestarian lingkungan.
2)
Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3)
Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4)
Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat
sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di
sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
1)
Meningkatkan citra perusahaan.
2)
Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3)
Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
4)
Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5)
Memberikan inovasi bagi perusahaan
ANALISIS
Jadi, CSR (Corporate Social Responsibilitiy) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan perusahaan yang memiliki nilai positif dan berguna untuk memberikan kesejahteran bagi masyarakat yang berada disekitar perusahaan tersebut. Manfaat yang diberikan kepada masyarakat antara lain yaitu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemeliharaan fasilitas umum, dll. Sedangkan manfaat yang bagi perusahaan itu sendiri yaitu, meningkatkan citra perusahaan, memberikan inovasi bagi perusahaan, sebagai bentuk kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam program CSR, memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
Program
CSR ini sangat berguna bagi perusahaan dan bagi masyarakat juga karena tujuan
dari program CSR sendiri adalah untuk mensejahterakan masyarakat salah satunya dalam bidang kemitraan. Maka dari itu masyarakat sangat
antusias kepada perusahaan yang memberikan program CSR.
Referensi
http://www.antam.com/index.php?option=com_content&task=view&id=384&Itemid=179&lang=id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar