Senin, 27 Oktober 2014

CSR

KASUS

PT ANTAM Tbk.

Antam adalah perusahaan pertambangan dan pengolahan mineral yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal. Kekuatan utama PT Antam Tbk. adalah biaya operasi kami yang rendah, cadangan dan sumber daya nikel dan bauksit yang luas dan berkualitas tinggi, struktur finansial yang solid, pengalaman selama hampir empat puluh tahun, lokasi kami di Indonesia yang kaya akan sumber daya mineral, wilayah ekplorasi yang luas dan karyawan yang loyal dan berdedikasi. Komoditas usaha pertambangan kami adalah nikel, emas dan bauksit.
Tujuan utama Antam adalah untuk menciptakan nilai bagi pemegang saham dengan menjadi perusahaan yang lebih besar dan lebih baik serta melaksanakan hal tersebut dengan cara yang berkesinambungan. Strategi utama Antam adalah untuk mendapatkan nilai sebanyak mungkin dari cadangan perusahaan dengan bergerak ke bidang hilir dan melakukan kegiatan-kegiatan pengolahan yang mempunyai nilai tambah lebih besar daripada hanya sekedar mengekspor bijih. Antam juga mempertimbangkan untuk mendiversifikasikan usahanya ke komoditas tambang lainnya selama hal tersebut mendatangkan imbal hasil yang baik dan sesuai dengan bisnis Antam.

Program CSR PT.Antam Tbk

Program Kemitraan 
Program Kemitraan (PK) Antam dilakukan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan modal usaha dan investasi. Bantuan ini merupakan dana bergulir (revolving fund) yang diambil dari penyisihan maksimal 2% laba bersih tahun sebelumnya. Dalam skala prioritas, pelaksanaan bantuan pinjaman dana diperuntukkan bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah, termasuk koperasi yang berda dalam wilayah oprasi Antam. Peruntukkan ini tidak hanya kepada perorangan, tetapi juga kepada kelompok usaha yang memiliki jenis usaha yang sama.Selain memberikan bantuan pinjaman modal, Antam juga melakukan pembinaan bagi semua mitra binaan yang disebut dengan capacity building. Melalui pembinaan ini Antam berusaha meningkatkan kualitas mitra binaan sehingga mereka diharapkan tidak hanya bersandar pada bantuan perusahaan terus-menerus, namun mampu berkreativitas menuju kemandirian usaha.

1. Danaprogram kemitraan 
Sebagai BUMN pembina, Antam dapat menyalurkan dana pinjaman kepada mitra binaannya secara langsung atau melalui kerjasama dengan BUMN Penyalur dan/atau Lembaga penyalur linnya. Bentuk kerjasama penyalur dana ini dilakukan berdasarkan kontrak yang disetujui oleh kedua belah pihak, serta sesuai degan peraturan yang berlaku.

2. Kinerja Program kemitraan
Kinerja Program Kemitraan dinilai dari erektifitas dana yang disalurkan, yakni kemafaata dana tersebut bagi penerima dana, serta tingkat kolektibilitas berupa tingkat pengembalian. Tingkat pengembalian ini adalah pengembalian angsuran yang di dalamnya termasuk jasa administrasi.

TEORI

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu, dankegiata- kegiatan lain yang meliputi kegiatan sosial yang bersifat positif dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1)      Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
2)      Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3)      Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4)      Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
1)      Meningkatkan citra perusahaan.
2)      Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3)      Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
4)      Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5)      Memberikan inovasi bagi perusahaan

ANALISIS

Jadi, CSR (Corporate Social Responsibilitiy) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan perusahaan yang memiliki nilai positif dan berguna untuk memberikan kesejahteran bagi masyarakat yang berada disekitar perusahaan tersebut. Manfaat yang diberikan kepada masyarakat antara lain yaitu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemeliharaan fasilitas umum, dll. Sedangkan manfaat yang bagi perusahaan itu sendiri yaitu, meningkatkan citra perusahaan, memberikan inovasi bagi perusahaan, sebagai bentuk kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam program CSR, memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
            Program CSR ini sangat berguna bagi perusahaan dan bagi masyarakat juga karena tujuan dari program CSR sendiri adalah untuk mensejahterakan masyarakat salah satunya dalam bidang kemitraan. Maka dari itu masyarakat sangat antusias kepada perusahaan yang memberikan program CSR. 
 
Referensi
 http://www.antam.com/index.php?option=com_content&task=view&id=384&Itemid=179&lang=id 

Minggu, 26 Oktober 2014

WIRAUSAHA

CONTOH KASUS
 
Persaingan yang tajam menuntut masyarakat untuk berinovasi untuk menciptkan suatu kegiatan usaha yang unik dan menarik sehingga menciptakapan minat bagi pembelinya. banyak sekali jenis usaha dan kegiatan yang sering kita lihat namun disini saya akan memberi salah satu contoh usaha unik yang berada didekat rumah saya. usaha ini dinamakan "MOCHILOK" sensasi makan Mochi Ice cream yang enak segar dan unik, banyak kalangan yang meminati mochilok ini, selain harganya yang cukup bersahabat, tempat yang strategis dan nyaman mochilok ini menyediakan bermacam-macam varian rasa diantaranya ; greentea, tiramisu, jeuk, apel, strawberry, vanilla, coklat dan masih banyak lagi. usaha ini dimulai tahun 2012 oleh pengusaha muda berasal dari kota Sukabumi. sukabumi yang terkenal dengan mochi-nya ini membuat pengusaha berinovasi membuat usaha mochi dengan dipadukan ice cream.


TEORI WIRAUSAHA

Wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Wirausaha dapat mengumpulkan sumber daya yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya, dan mengambil tindakan yang tepat guna untuk memastikan keberhasilan usahanya.

 Peranan wirausaha Berdasarkan pengertian dari wirausaha dan kewirausahaan di atas, cobalah Anda susun peranan wirausaha! Lalu Anda bandingkan dengan poin-poin berikut!
a. Sebagai salah satu jalan keluar untuk memecahkan masalah  ketenagakerjaan (mengurangi pengangguran).
b. Turut membangun perekonomian nasional dengan tidak membebani pemerintah dan masyarakat.
c. Meningkatkan pendapatan masyarakat.
d. Meningkatkan produktivitas faktor-faktor produksi.
 

Beberapa persyaratan dasar untuk menjadi seorang wirausaha terdiri dari 8K dan 7P.

8K meliputi kriteria sebagai berikut.
a. Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b. Kemauan, keuletan, dan ketekunan.
c. Kemampuan dan keahlian.
d. Kesempatan yang ada dan digunakan.
e. Keteraturan dan kecepatan kerja serta ketaatan (disiplin).
f. Keberanian mengambil risiko dan menghadapi ketidakpastian.
g. Kesadaran sosial dan kemerdekaan.
h. Kapital dan keuangan.
 
Adapun yang dimaksud 7P adalah sebagai berikut.
a. Pendidikan.
b. Pengajaran dan atau latihan.
c. Penerangan, penyuluhan, dan bimbingan.
d. Pengelolaan dan perlindungan serta kepastian hukum.
e. Pendekatan strategis.
f. Penghayatan hakiki kehidupan.
g. Perbankan.
 
Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan usaha
 
  • Pertama kalinya adalah jeli melihat pasar.
Dalam hal ini, kebanyakan konsumen lebih memilih dan membeli produk yang tengah tren meskipun dalam kualitas produknya nomor 2 daripada kualitas produk nomor 1 tapi produknya ketinggalan jaman (dalam bidang garmen/usaha pakaian). Seandainya dalam bidang makanan, konsumen lebih membeli produk yang mempunyai kualitas, mutu, dan bergizi serta rasa yang enak.
  • Langkah kedua adalah menjalin komunikasi dengan orang lain
Maksudnya agar tidak ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha, tentunya mata-mata dalam ati positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan informasi untuk mendukung kemajuan usahanya. Memperluas jaringan komunikasi sangatlah penting selain mempermudah mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah pemasaran
  • Langkah ketiga yakni, berani berinvestasi
Sebagai pemula dalam usaha dengan dana/modal yang terbatas, diharapkan untuk berani menjual asset sendiri yang dapat menghasilkan uang untuk berinvestasi ataupun berusaha mengkredit uang dengan orang lain dengan syarat harus adanya pertanggungjawaban untuk melunasinya.
  • Langkah keempat adalah fokus dalam usahanya
Kelemahan dari para wirausahawan selama ini  adalah tidak mampu mengelola kesuksesan yang telah dicapai dengan melakukan tindakan yang tidak terkendali. Sebagai contoh, beberapa pengusaha garmen tergiur keuntungan sesaat dari bisnis valas  saat krisis moneter 1998, akhirnya mereka mencoba berbisnis valas sedangkan bisnis garmennya terbengkalai. Sementara bisnis valasnya merugi akibat ketiadaan pengalaman bisnis financial, maka pengusaha tersebut gulung tikar.
  • Langkah kelima adalah promosi
Dengan adanya promosi, masyarakat dapat mengenal produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen dapat tertarik membeli produk yang telah dibuat. Para wirausahawan dapat mengambil alternatifnya yakni, dengan mengikuti bazaar, karena bazaar adalah sarana promosi yang murah dan dapat dijadikan momen untuk mengambil keuntungan. Setelah itu baru mempersiapkan brosur ataupun spanduk.
  • Untuk langkah keenam  adalah pemasaran yang dilakukan para wirausahawa.
Dapat memilih tempat yang strategis. Dan dalam hal memproduksi barang dan penamaan tempat (toko) perlu adanya keunikan. Karena dengan keunikan suatu barang, maka kemungkinan banyak konsumen yang mencari, dan semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan besar, dalam hal ini juga dapat memberikan nilai tambah didalam penjualan produk atapun memberikan nilai diskon apabila pembelian banyak.
  • Langkah Ketujuh adalah Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis
 
sektor kewirausahaan
Sektor-sektor usaha dalam hubungannya dengan wirausaha dapat dikelompokkan menjadi sektor formal dan informal.
a. Sektor formal
adalah kegiatan-kegiatan usaha yang dikelola sedemikian rupa, sehingga kegiatannya bersifat tetap atau menjadi tumpuan harapan pengelola.
Sektor ekonomi formal yang dapat diusahakan antara lain:
  • 1)industri, baik industri besar, industri menengah, industry kecil, industri kerajinan, maupun industri pariwisata,
  • 2) perdagangan, baik dalam negeri maupun luar negeri atau perdagangan internasional, dan pedagang besar, pedagang menengah atau pedagang kecil.
  • 3) jasa dan transportasi, yang meliputi pedagang perantara, pemberi kredit atau perbankan, pengusaha angkutan, pengusaha hotel dan restoran, pengusaha biro jasa atau travel pariwisata, pengusaha asuransi, pergudangan, perbengkelan, koperasi, tata busana, dan lain sebagainya.
  • 4) agraris, yang meliputi pertanian, perkebunan dan kehutanan, perikanan dan peternakan.
  • 5) lapangan pertambangan dan energi, meliputi bidang minyak bumi dan gas alam yang ada, dan
  • 6) usaha-usaha lainnya yang berbentuk perusahaan, berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. 
 ANALISIS

Jadi perkembangan usaha mochilok didekat rumah saya sangat berhasil, dengan ide dan inovasi pengusaha dan bantuan para pegawainya membuat usaha ini berhasil dan banyak diminati. cara pengusaha mempertahankan usaha ini dengan menmabhakan varian rasa baru agar pembeli tidak bosan. usaha ini bermanfaat bagi saya karena disaat saat bosan dan ingin ngemil saya selalu mampir ke tempat mochilok ini untuk jajan, 


REFERENSI

http://www.ekonomi-holic.com/2012/11/kewirausahaan-definisi-peran_17.html?m=1
https://www.google.com/?gws_rd=ssl#q=teori+wirausaha
http://www.haynovia.blogspot.com/2014/10/wirausaha.html

 
 

Rabu, 15 Oktober 2014

ADAT ISTIADAT UPACARA NIKAH ADAT SUNDA

      Adat istiadat yang pernah saya sering lihat adalah upacara nikah adat sunda, karena kebetulan saya keturunan sunda. salah satunya tata cara atau urutan upacara nikah adat sunda. ada beberapa acara yang harus dilakukan untuk melangsungkan pernikahan, mulai dari lamaran, besanan dan lain-lain.
ini dia urutan adat istiadat upacara nikahan adat sunda ;

1. Neundeun Omong 2. Narosan
3. Tunangan
4. Seserahan
Akad Nikah:
  • Biasanya diserahkan pada KUA
  • Pada hari pernikahan, calon pengantin pria beserta para pengiring menuju kediaman calon pengantin wanita, disambut acara Mapag Penganten yang dipimpin oleh penari yang disebut Mang Lengser. Calon mempelai pria disambut oleh ibu calon mempelai wanita dengan mengalungkan rangkaian bunga. Selanjutnya upacara nikah sesuai agama dan dilanjutkan dengan sungkeman dan sawer.
Setelah akad nikah, masih dilakukan beberapa upacara, yaitu:
Saweran.
Merupakan upacara memberi nasihat kepada kedua mempelai yang dilaksanakan setelah acara akad nikah. Melambangkan Mempelai beserta keluarga berbagi rejeki dan kebahagiaan. Kata sawer berasal dari kata panyaweran , yang dalam bahasa Sunda berarti tempat jatuhnya air dari atap rumah atau ujung genting bagian bawah.

5. Meuleum Harupat ( Membakar Harupat )
6. Buka pintu
7. Nincak Endog (Menginjak Telur)
8. Ngaleupas Japati ( Melepas Merpati )
9. Huap Lingkung (Suapan) 
10. Pabetot Bakakak (Menarik Ayam Bakar)
 
REFERENSI

sumber : http://salangit.wordpress.com/adat-istiadat-3/susunan-tata-cara-upacara-nikah-adat-sunda/